Pusat Perakitan dan Modernisasi Pertanian Hortikultura
STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR
Prosedur Operasional Standar ( SOP ) merupakan sistem yang disusun untuk memudahkan, merapikan, dan menertibkan suatu pekerjaan. Dengan kata lain SOP adalah dokumen yang berisi serangkaian instruksi tertulis yang dibakukan mengenai berbagai proses penyelenggaraan administrasi perkantoran yang berisi cara melakukan pekerjaan, waktu pelaksanaan, tempat penyelenggaraan, dan aktor yang berperan dalam kegiatan (Insani, 2010)
Menurut penjelasan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Permenpan No.PER/21/M-PAN/11/2008), manfaat SOP secara umum bagi organisasi adalah:
Sebagai standarisasi cara yang dilakukan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan khusus, mengurangi kesalahan dan kelalaian.
SOP membantu staf menjadi lebih mandiri dan tidak tergantung pada intervensi manajemen, sehingga akan mengurangi keterlibatan pimpinan dalam pelaksanaan proses sehari-hari.
Meningkatkan akuntabilitas dengan mendokumentasikan tanggung jawab khusus dalam melaksanakan tugas.
Menciptakan ukuran standar kinerja yang akan memberikan pegawai. cara konkret untuk memperbaiki kinerja serta membantu mengevaluasi usaha yang telah dilakukan.
Menciptakan bahan-bahan training yang dapat membantu pegawai baru untuk cepat melakukan tugasnya.
Menunjukkan kinerja bahwa organisasi efisien dan dikelola dengan baik.
Menyediakan pedoman bagi setiap pegawai di unit pelayanan dalam melaksanakan pemberian pelayanan sehari-hari.
Menghindari tumpang tindih pelaksanaan tugas pemberian pelayanan.
Membantu penelusuran terhadap kesalahan-kesalahan prosedural dalam memberikan pelayanan.
Menjamin proses pelayanan tetap berjalan dalam berbagai situasi.
No
Nama/ Judul
Tahun
File
1
SOP EVALUASI PELAKSANAAN KERJASAMA
2025
2
SOP Sumpah PNS
2025
3
SOP Aktif Bekerja Kembali
2025
4
SOP Menyusun Laporan Triwulan PHLN
2025
5
SOP PENGURUSAN DOKUMEN PERJALANAN DINAS KE LUAR NEGERI
2025
6
SOP Registrasi Pengelolaan Hibah Luar Negeri
2025
7
SOP PERPANJANGAN NASKAH PERJANJIAN KERJASAMA LUAR NEGERI
2025
8
SOP PERPANJANGAN NASKAH PERJANJIAN KERJASAMA DALAM NEGERI
2025
9
SOP Impassing Gaji
2025
10
SOP Absensi
2025
11
SOP Pengurusan BPJS Kesehatan
2025
12
SOP Taspen
2025
13
SOP CPNS ke PNS
2025
14
SOP Cuti
2025
15
SOP Tes Kesehatan CPNS
2025
16
SOP Diklat Fungsional
2025
17
SOP Ujian Dinas
2025
18
SOP Diklat Kepemimpinan
2025
19
SOP Pensiun Pegawai
2025
20
SOP Diklat Prajabatan
2025
21
SOP Sasaran Kinerja Pegawai
2025
22
SOP Agenda Pimpinan
2025
23
SOP Formasi Kebutuhan Pegawai
2025
24
SOP Pengusulan Ketua Kelompok dan Ketua Tim Kerja
2025
25
SOP Izin Belajar Biaya Sendiri
2025
26
SOP Pengurusan Karis Karsu
2025
27
SOP_Pengembangan Kompetensi Pegawai
2025
28
SOP Pengurusan Karpeg
2025
29
SOP Pemberian Reward dan Punishment
2025
30
SOP Kenaikan Jabatan Fungsional
2025
31
SOP Kompensasi Bagi Penerima Layanan
2025
32
SOP Usulan Kenaikan Pangkat
2025
33
SOP Usulan Kenaikan Gaji Berkala
2025
34
SOP Penyimpanan Arsip
2025
35
SOP KP4
2025
36
SOP_Layanan Arsip
2025
37
SOP_Usulan Pemberhentian Jabatan Fungsional
2025
38
SOP Pemindahan Arsip
2025
39
SOP Pemusnahan Arsip
2025
40
SOP_Usulan Pencantuman Gelar
2025
41
SOP Usulan Pengaktifan Kembali Jabatan Fungsional
2025
42
SOP Penerimaan Tamu
2025
43
SOP Petugas Kebersihan
2025
44
SOP Kesekretariatan Kabag TU
2025
45
SOP Usulan Penyesuaian Ijazah
2025
46
SOP Penyusunan Laporan Akhir
2025
47
SOP Operator Telepon
2025
48
SOP Pemeliharaan Barang Inventaris
2025
49
SOP Pemeliharaan Gedung
2025
50
SOP Pemeliharaan Halaman
2025
51
SOP Pemeliharaan Jaringan
2025
52
SOP Pemeliharaan Kendaraan Dinas
2025
53
SOP Peminjaman Barang Inventaris
2025
54
SOP Peminjaman Kendaraan Dinas
2025
55
SOP Peminjaman Ruang Rapat
2025
56
SOP Satuan Pengamanan
2025
57
SOP Usulan Petugas Belajar
2025
58
SOP Usulan Penghargaan Satyalencana Karya Satya
2025
59
SOP SIMASN
2025
60
SOP PENYUSUNAN RENCANA KERJA DAN RAB
2025
61
SOP PENYIAPAN NASKAH PERJANJIAN LUAR NEGERI
2025
62
SOP PENGUMPULAN DATA KERJASAMA DALAM DAN LUAR NEGERI
2025
63
SOP PENYIAPAN BAHAN USULAN KERJASAMA
2025
64
SOP Pengelolaan Updating Website
2024
65
SOP Layanan Konsultasi dan Informasi Standardisasi Instrumen Hortikultura