STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR

Prosedur Operasional Standar ( SOP ) merupakan sistem yang disusun untuk memudahkan, merapikan, dan menertibkan suatu pekerjaan. Dengan kata lain SOP adalah dokumen yang berisi serangkaian instruksi tertulis yang dibakukan mengenai berbagai proses penyelenggaraan administrasi perkantoran yang berisi cara melakukan pekerjaan, waktu pelaksanaan, tempat penyelenggaraan, dan aktor yang berperan dalam kegiatan (Insani, 2010)

Menurut penjelasan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Permenpan No.PER/21/M-PAN/11/2008), manfaat SOP secara umum bagi organisasi adalah:

  1. Sebagai standarisasi cara yang dilakukan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan khusus, mengurangi kesalahan dan kelalaian.
  2. SOP membantu staf menjadi lebih mandiri dan tidak tergantung pada intervensi manajemen, sehingga akan mengurangi keterlibatan pimpinan dalam pelaksanaan proses sehari-hari.
  3. Meningkatkan akuntabilitas dengan mendokumentasikan tanggung jawab khusus dalam melaksanakan tugas.
  4. Menciptakan ukuran standar kinerja yang akan memberikan pegawai. cara konkret untuk memperbaiki kinerja serta membantu mengevaluasi usaha yang telah dilakukan.
  5. Menciptakan bahan-bahan training yang dapat membantu pegawai baru untuk cepat melakukan tugasnya.
  6. Menunjukkan kinerja bahwa organisasi efisien dan dikelola dengan baik.
  7. Menyediakan pedoman bagi setiap pegawai di unit pelayanan dalam melaksanakan pemberian pelayanan sehari-hari.
  8. Menghindari tumpang tindih pelaksanaan tugas pemberian pelayanan.
  9. Membantu penelusuran terhadap kesalahan-kesalahan prosedural dalam memberikan pelayanan.
  10. Menjamin proses pelayanan tetap berjalan dalam berbagai situasi.

No Nama/ Judul Tahun File
1 SOP EVALUASI PELAKSANAAN KERJASAMA 2025
2 SOP Sumpah PNS 2025
3 SOP Aktif Bekerja Kembali 2025
4 SOP Menyusun Laporan Triwulan PHLN 2025
5 SOP PENGURUSAN DOKUMEN PERJALANAN DINAS KE LUAR NEGERI 2025
6 SOP Registrasi Pengelolaan Hibah Luar Negeri 2025
7 SOP PERPANJANGAN NASKAH PERJANJIAN KERJASAMA LUAR NEGERI 2025
8 SOP PERPANJANGAN NASKAH PERJANJIAN KERJASAMA DALAM NEGERI 2025
9 SOP Impassing Gaji 2025
10 SOP Absensi 2025
11 SOP Pengurusan BPJS Kesehatan 2025
12 SOP Taspen 2025
13 SOP CPNS ke PNS 2025
14 SOP Cuti 2025
15 SOP Tes Kesehatan CPNS 2025
16 SOP Diklat Fungsional 2025
17 SOP Ujian Dinas 2025
18 SOP Diklat Kepemimpinan 2025
19 SOP Pensiun Pegawai 2025
20 SOP Diklat Prajabatan 2025
21 SOP Sasaran Kinerja Pegawai 2025
22 SOP Agenda Pimpinan 2025
23 SOP Formasi Kebutuhan Pegawai 2025
24 SOP Pengusulan Ketua Kelompok dan Ketua Tim Kerja 2025
25 SOP Izin Belajar Biaya Sendiri 2025
26 SOP Pengurusan Karis Karsu 2025
27 SOP_Pengembangan Kompetensi Pegawai 2025
28 SOP Pengurusan Karpeg 2025
29 SOP Pemberian Reward dan Punishment 2025
30 SOP Kenaikan Jabatan Fungsional 2025
31 SOP Kompensasi Bagi Penerima Layanan 2025
32 SOP Usulan Kenaikan Pangkat 2025
33 SOP Usulan Kenaikan Gaji Berkala 2025
34 SOP Penyimpanan Arsip 2025
35 SOP KP4 2025
36 SOP_Layanan Arsip 2025
37 SOP_Usulan Pemberhentian Jabatan Fungsional 2025
38 SOP Pemindahan Arsip 2025
39 SOP Pemusnahan Arsip 2025
40 SOP_Usulan Pencantuman Gelar 2025
41 SOP Usulan Pengaktifan Kembali Jabatan Fungsional 2025
42 SOP Penerimaan Tamu 2025
43 SOP Petugas Kebersihan 2025
44 SOP Kesekretariatan Kabag TU 2025
45 SOP Usulan Penyesuaian Ijazah 2025
46 SOP Penyusunan Laporan Akhir 2025
47 SOP Operator Telepon 2025
48 SOP Pemeliharaan Barang Inventaris 2025
49 SOP Pemeliharaan Gedung 2025
50 SOP Pemeliharaan Halaman 2025
51 SOP Pemeliharaan Jaringan 2025
52 SOP Pemeliharaan Kendaraan Dinas 2025
53 SOP Peminjaman Barang Inventaris 2025
54 SOP Peminjaman Kendaraan Dinas 2025
55 SOP Peminjaman Ruang Rapat 2025
56 SOP Satuan Pengamanan 2025
57 SOP Usulan Petugas Belajar 2025
58 SOP Usulan Penghargaan Satyalencana Karya Satya 2025
59 SOP SIMASN 2025
60 SOP PENYUSUNAN RENCANA KERJA DAN RAB 2025
61 SOP PENYIAPAN NASKAH PERJANJIAN LUAR NEGERI 2025
62 SOP PENGUMPULAN DATA KERJASAMA DALAM DAN LUAR NEGERI 2025
63 SOP PENYIAPAN BAHAN USULAN KERJASAMA 2025
64 SOP Pengelolaan Updating Website 2024
65 SOP Layanan Konsultasi dan Informasi Standardisasi Instrumen Hortikultura 2024
66 SOP Laporan Akhir 2024
67 SOP Pengelolaan Dokumen Hasil Standardisasi 2024
68 SOP Layanan Perpustakaan 2024
69 SOP Bimbingan Teknis/Pelatihan/Magang/PKL/Kunjungan 2024